Langsung ke konten utama

Petik Untung, Andalan Budidaya Tomat

Foto: alodokter
Agricultural Fields - Metode menanam tomat, banyak ditanam di dataran besar, dataran lagi maupun dataran rendah. Tomat termasuk tanaman semusim yang berusia sekitar 4 bulan.

Sebagian tomat memiliki varietas yang unggul dan sesuai dibudidayakan di dataran rendah serta toleran terhadap penyakit layu dan hama serta memiliki pontensi hasil 30- 35 ton/ ha dan memiliki daya tahan simpan selama 8- 9 hari dengan bobot 35- 60 gr per buah tomat.

Petani Indonesia masih didominasi cara konvensional dalam melalukan penanaman tomat di lahan sawah atau tegal yang luas. Sebaliknya budidaya tomat dalam polybag, tabulampot dan hidroponik dicoba sebagian kecil orang saja.

Oleh karenanya, hendak dijabarkan metode budidaya tomat buat petani konvensional di lahan sawah, tegal dan kebun. Jenis tomat, terdapat ratusan tipe. Bila kita telah mempunyai tumbuhan tomat dengan varietas unggul, kita dapat mengembangkannya sendiri dengan membuat bibit.

Bibit yang baik dapat kita miliki dari buah tomat yang sangat besar, bagus wujudnya dan tidak cacat.

Persemaian
Bibit Tomat yang hendak ditanam diperoleh dengan menyemai benih tomat persemaian. Tempat persemaian hendaknya diberi naungan atap plastik bening supaya lubang tanam 1 bibit tumbuhan tomat sehabis benih berjecambah, tutup plastik ataupun daun pisang dibuka serta dipelihara sepanjang lebih kurang 1 minggu. Sehabis itu apabila dimungkinkan dicoba pembumbungan memakai daun pisang serta dipelihara masih pada tempat bersemaian 2- 3 minggu saat sebelum dipindahkan kelapangan.

Pengelohan Tanah
Pengolahan tanah dicoba buat menghasilkan keadaan rongga, kimia serta biologis tanah jadi lebih baik, mematikan gulma. Selain itu juga yakni meratakan tanah buat mempermudah metode menanam tomat, mempersiapkan pengaturan irigasi serta drainase.

Penanaman
Saat sebelum tanam, masukan pupuk kandang ataupun kompos yang sudah matang kedalam lubang tanam dengan dosis 10- 15 ton/ Ha serta pupuk SP- 36 Sebanyak 200- 250 Kilogram/ Ha, Setelah itu lubang tanam ditutup dengan tanah. Bibit yang telah berusia 4 minggu dari persemaian, ditanam dengan hati- hati pada tiap lubang tanam dengan 1 bibit tumbuhan obat.

Pemeliharaan Dan Perawatan
Terdapat mungkin benih tomat tidak berkembang. Sebab itu, dalam pemeliharaannya, butuh dicoba penyulaman buat mengubah tumbuhan tersebut dengan benih lain yang lebih sehat. Tidak hanya penyulaman, penyiangan gulma pula butuh dilakukan.Untuk  lahan yang ditutupi mulsa, penyiangan ini sangat tidak sering diperlukan.

Panen
Tomat bisa dipanen pada usia 90- 100 HST. Dengan identitas kulit buah berganti dari corak hijau jadi kekuning- kuningan, bagian tepi daun tua mengering, batang menguning pada pagi ataupun sore hari dikala cuaca terang. Dengan demikian anda bisa memetik keuntungan dari membudidayakan tomat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Kangkung Yang Benar dan Menghasilkan

Foto: Jual Polybag Tanaman Agricultural Fields -  Butuh dikenal kalau budidaya kangkung jadi salah satu budidaya sayur- mayur yang dikira sangat menjanjikan, di samping penjaannya yang sangat gampang, penggemar kangkung pula lumayan besar, sehingga menjadikannya terus menjadi menguntungkan. Perencanaan yang matang serta kelihaian memandang kesempatan, usaha budidaya tumbuhan apalagi dapat dicoba di pekarangan rumah. Dibekali dengan tanah di Indonesia yang produktif, kalian tidak butuh takut buat menekuni bisnis yang satu ini. Buat lahan terbatas dapat mempersiapkan polybag. Umumnya, yang memakai polybag buat disantap sendiri bukan buat dibuat masal. Langkah ketiga, mempersiapkan tanah. Kangkung ialah salah satu sayur- mayur yang bisa diolah jadi bermacam berbagai tipe santapan dengan cita rasa yang lezat, tidak hanya itu dalam sayur- mayur kangkung pula tercantum meragam khasiat semacam Selenium, Zinc, Zat besi, Vit A, Vit C serta serat yang efisien bisa melindungi

Teknik Budidaya Bawang Merah dengan Tepat

Foto: abahtani Agricultural Fields - Tanaman bawang merah ialah tanaman hortikultura yang telah semenjak lama di dibudidayakan oleh petani secara intensif.  Walaupun idealnya tanaman bawang merah hendak berkembang dengan baik dikala masa kemarau, tetapi bukan berarti dikala penghujan datang para petani tidak dapat melaksanakan penanaman. Bawang merah( Allium cepa L.) ialah tanaman semusim yang banyak diperlukan dalam kehidupan tiap hari. Bersumber pada Morfologinya tumbuhan bawang merah ialah tumbuhan yang mempunyai pangkal berupa serabut, daunnya semacam pipa, berlubang, bagian ujung daunnya meruncing, serta bercorak hijau muda dan hijau tua bunganya terkategori bunga majemuk.  Budidaya bawang merah membutuhkan penyinaran matahari lebih dari 12 jam satu hari. Tumbuhan ini sesuai dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian 0 sampai 900 m dari permukaan laut. Temperatur optimum buat pertumbuhan tanaman bawang merah berkisar 25- 32 derajat celcius. Sebaliknya keasam

Tantangan dan Ujian Petani Organik Indonesia

Foto: 8village Agricultural Fields - Banyak pelaku pertanian organik bermunculan bersamaan dengan pangsa pasar yang terus menjadi terbuka.  Tidak cuma sebab bernilai murah besar, pertanian organik berarti buat perbaikan ekosistem pertanian yang makin rusak akibat bahan sintetik ataupun kimiawi semacam pestisida. Khasiat budidaya organik pada dasarnya merupakan penghalang, mungkin akibat negatif yang ditimbulkan oleh budidaya kimiawi ataupun yang acapkali diucap bagaikan pertanian konvensional. Tetapi dalam perihal, budidaya pertanian organik para petani wajib berpikir secara matang dan siap lahir batin, karena paling utama dalam perihal pengendalian hama serta penyakit, yang disinyalir mudah menggorogoti tanaman organik. Sebagian besar petani organik masih melaksanakannya secara manual yang secara tidak langsung pula hendak memerlukan tenaga kerja yang lebih banyak serta tingkatkan pengeluaran petani. Perihal ini, sebab pestisida natural yang belum tersebar di pasaran