Langsung ke konten utama

Tips Budidaya Tanaman Terong dengan Benar

Foto: Kampus Tani
Agricultural Fields - Di Indonesia, terong ungu digemari buat diolah untuk jadi sayur, ataupun bahan santapan yang lain. Nyatanya terong ungu pula dapat dibuat jadi obat– obatan. Tumbuhan ini banyak ditemukan berkembang liar di hutan- hutan kita. Tetapi, dikala ini terong ditanam meluas diberbagai belahan bumi. 

Bentuk serta corak buah terong lumayan bermacam- macam terdapat yang putih, hijau sampai ungu. Wujudnya juga terdapat yang bundar, lonjong besar, sampai lonjong dengan ujung lancip.

Permintaan pasar hendak terong ungu belum lama ini terus menjadi bertambah bersamaan mudahnya terong buat terbuat bermacam- macam menu masakan ataupun minuman, mulai dari dimasak buat sayur terong, terbuat buat lalapan, apalagi dapat pula terbuat buat minuman juice, sehingga membuat sebagian petani dikala ini banyak yang tertarik buat membudidayakannya.

Untuk Kamu yang mau menanam terong ungu tetapi tidak mempunyai lahan yang luas, Kamu tidak perlu takut lagi! Saat ini tanaman terong pula dapat dibudidayakan dengan media pot ataupun polybag, supaya mendapatkan hasil produksi yang besar serta tahan penyakit, memilih benih terong hibrida. Kebutuhan benih buat budidaya terong dalam satu hektar dekat 300- 500 gr, tergantung jarak tanam yang dipakai. Langkah awal yang bisa kita jalani buat mengawali budidaya terong ungu berbuah lebat merupakan memilah bibit unggul.

Memilah Benih

Benih yang baik buat budidaya terong memilki energi berkembang di atas 75%, bila sudah menemukan hingga siapkan benih cocok kebutuhan buat penanaman ataupun butuh lebih dari itu buat mengestimasi kematian benih saat sebelum dicoba penananaman.

Persemaian Benih

Benih direndam terlebih dulu memakai air hangat kuku selama kurang lebih 5– 6 jam. Setelah itu tiriskan, sehabis itu benih disemai. Metode menyemai benih terong sama dengan metode menyemai benih cabe, begitu pula dengan benih tomat.

Pengelohan Tanah

Salah satu metode menanam terong ungu yang baik ialah dengan pengolahan tanah yang benar. 

Pengolahan tanah bisa dicoba dengan metode dicangkul 2- 3 kali ataupun dibajak dengan kedalaman 20- 30 centimeter, serta buat bedengan dengan lebar 120- 140 centimeter dan panjang disesuaikan keadaan lahan.
Pakai pupuk organik bagaikan pupuk dasar, dapat berbentuk kompos ataupun pupuk kandang sebanyak 15 ton per hektar. 

Taburkan di atas bedengan serta aduk sampai menyeluruh. Budidaya terong menghendaki tingkatan keasaman tanah dekat pH 5- 6. Apabila pH kurang dari 5 tambahkan kapur pertanian ataupun dolomit sebanyak 1- 2 ton per hektar satu minggu saat sebelum tanaman

Penananaman

Sehabis masa semai, umumnya terong ungu memerlukan waktu kurang lebih satu bulan supaya dia hadapi perkembangan kecambah. Bila daun yang timbul telah terdapat 4 helai, hingga langkah berikutnya merupakan memindahkan bibit terong ke media tanam yang lebih besar.

Sebelum bibit dipindahkan, siram bedengan dengan air. Tanaman terong cenderung tidak tahan dengan kekeringan. Pindahkan bibit tanaman satu lubang diisi satu bibit tanaman. Hati- hati dalam memindahkan tanaman, jaga supaya pangkal tanamah tidak putus ataupun rusak. Pemeliharaan, dengan melaksanakan penyulaman tanaman sehabis satu minggu.

Pemeliharaan

Jalani penyulaman lekas sehabis nampak terdapat tanaman yang mati ataupun dimakan hama. Penyulaman dicoba sampai umur 15 HST( Hari Sehabis Tanam). Penyiangan pula butuh dicoba supaya tanaman terong tidak tersendat oleh gulma serta rumput liar. 

Untuk melindungi tanaman supaya tidak kekeringan jalani penyiraman seperlunya, sesuaikan dengan keadaan cuaca. Siramlah tanaman terong ungu dengan tertib, ialah 2 kali satu hari tiap pagi serta sore hari. Jangan lupa Lakukanlah pemupukan susulan dengan memilih pupuk organic. Lalu periksalah daun- daun terong ungu, bila terdapat yang terkena penyakit, segeralah dipetik ataupun dibuang.

Cabutlah gulma- gulma yang berkeliaran di dekat tanaman terong, agar tidak terjadi persaingan unsur hara. Kecenderungan tumbuhnya gulma hendak lebih besar, sehingga dibutuhkan aktivitas penyiangan secara berkala.
Terakhir, Pasang serta ikatkan bambu pada tanaman yang berperan bagaikan penyangga tumbuhan terong ungu.

Panen

Masa panen tanaman terong berkisar antara 3- 4 bulan sehabis tanam, Buah terong yang siap dipanen pastinya merupakan buah yang tidak sangat muda serta tidak sangat tua. Perihal ini dapat dilihat dari dimensi Buah serta tingkatan kekerasan dikala dipencet.

Budidaya terong ungu yang baik bisa menciptakan 10- 30 ton buah terong per hektar. Panen dicoba 1- 2 kali per minggu. Buah terong yang layak disantap merupakan buah yang padat serta permukaan kulitnya mengkilat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Kangkung Yang Benar dan Menghasilkan

Foto: Jual Polybag Tanaman Agricultural Fields -  Butuh dikenal kalau budidaya kangkung jadi salah satu budidaya sayur- mayur yang dikira sangat menjanjikan, di samping penjaannya yang sangat gampang, penggemar kangkung pula lumayan besar, sehingga menjadikannya terus menjadi menguntungkan. Perencanaan yang matang serta kelihaian memandang kesempatan, usaha budidaya tumbuhan apalagi dapat dicoba di pekarangan rumah. Dibekali dengan tanah di Indonesia yang produktif, kalian tidak butuh takut buat menekuni bisnis yang satu ini. Buat lahan terbatas dapat mempersiapkan polybag. Umumnya, yang memakai polybag buat disantap sendiri bukan buat dibuat masal. Langkah ketiga, mempersiapkan tanah. Kangkung ialah salah satu sayur- mayur yang bisa diolah jadi bermacam berbagai tipe santapan dengan cita rasa yang lezat, tidak hanya itu dalam sayur- mayur kangkung pula tercantum meragam khasiat semacam Selenium, Zinc, Zat besi, Vit A, Vit C serta serat yang efisien bisa melindungi

Teknik Budidaya Bawang Merah dengan Tepat

Foto: abahtani Agricultural Fields - Tanaman bawang merah ialah tanaman hortikultura yang telah semenjak lama di dibudidayakan oleh petani secara intensif.  Walaupun idealnya tanaman bawang merah hendak berkembang dengan baik dikala masa kemarau, tetapi bukan berarti dikala penghujan datang para petani tidak dapat melaksanakan penanaman. Bawang merah( Allium cepa L.) ialah tanaman semusim yang banyak diperlukan dalam kehidupan tiap hari. Bersumber pada Morfologinya tumbuhan bawang merah ialah tumbuhan yang mempunyai pangkal berupa serabut, daunnya semacam pipa, berlubang, bagian ujung daunnya meruncing, serta bercorak hijau muda dan hijau tua bunganya terkategori bunga majemuk.  Budidaya bawang merah membutuhkan penyinaran matahari lebih dari 12 jam satu hari. Tumbuhan ini sesuai dibudidayakan di dataran rendah dengan ketinggian 0 sampai 900 m dari permukaan laut. Temperatur optimum buat pertumbuhan tanaman bawang merah berkisar 25- 32 derajat celcius. Sebaliknya keasam

Tantangan dan Ujian Petani Organik Indonesia

Foto: 8village Agricultural Fields - Banyak pelaku pertanian organik bermunculan bersamaan dengan pangsa pasar yang terus menjadi terbuka.  Tidak cuma sebab bernilai murah besar, pertanian organik berarti buat perbaikan ekosistem pertanian yang makin rusak akibat bahan sintetik ataupun kimiawi semacam pestisida. Khasiat budidaya organik pada dasarnya merupakan penghalang, mungkin akibat negatif yang ditimbulkan oleh budidaya kimiawi ataupun yang acapkali diucap bagaikan pertanian konvensional. Tetapi dalam perihal, budidaya pertanian organik para petani wajib berpikir secara matang dan siap lahir batin, karena paling utama dalam perihal pengendalian hama serta penyakit, yang disinyalir mudah menggorogoti tanaman organik. Sebagian besar petani organik masih melaksanakannya secara manual yang secara tidak langsung pula hendak memerlukan tenaga kerja yang lebih banyak serta tingkatkan pengeluaran petani. Perihal ini, sebab pestisida natural yang belum tersebar di pasaran